Tentang Teknologi

Ngelmu Iku Kalakone Kanthi Laku

07/02/18

Framework PHP Terbaik dan Terpopuler

Gambar Framework


Framework adalah kumpulan kelas dan fungsi yang disusun secara sistematis berdasarkan kegunaan atau fungsionalitas tertentu untuk mempermudah pembuatan atau pengembangan suatu aplikasi, sehingga dalam membuat aplikasi harus mengikuti aturan dari framework tersebut.  Framework terdiri dari kumpulan library, script, class, function, method yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan sebuah aplikasi. Jadi Jika disederhanakan framework berfungsi sebagai wadah untuk menampung script/ code untuk mempermudah pembuat atau programmer dalam menyusun aplikasi.

10 Framework PHP Terbaik yang populer saat ini :
1. Codeigniter
2. Yii
3. CakePHP
4. Zend
5. Symfony
6. PHP Dev Shell
7. Prado
8. Akelos
9. QPHP
10. ZooP

Saat ini banyak sekali framework berbasis PHP, diantaranya yang paling populer Menurut beberapa survei, CodeIgniter adalah framework yang paling mudah dipelajari,karena kesederhanaan strukturnya dan kelengkapan dokumentasinya yang baik. Selain itu, kerapian kode (clean and healthy code) dan ukurannya yang ramping membuatnya lebih cepat diakses dibandingkan dengan framework lainya.Perlu diketahui nyaris (bahkan mungkin semua) framework menggunakan konsep yang sama dalam membangun suatu aplikasi, yaitu konsep MVC (Model View Controller) untuk penjelasan MVC bisa dilihat pada artikel Penjelasan Metode MVC pada Framework .Kesimpulannya, kalau kita memahami MVC, maka secara garis besar kigta sudah menguasaiframework, apapun jenis frameworknya. Dan satu lagi kuncinya, pemahaman terhadap OOP (Object Oriented Programming) akan sangat membantu dalam menguasai framework.

Beberapa Framework Manfaat Framework:
1. Manfaatnya dapat membantu kerja developer dalam membangun aplikasi sehingga aplikasi bisa selesai dalam waktu yang singkat.
2. Penerapan Design Patterns memudahkan dalam rancangan, pengembangan dan pemeliharaansistem.
3. Stability dan Reliability aplikasi yang kita bangun lebih stabil dan handal karena berbasispada framework yang sudah teruji stabilitas dan kehandalannya.
4. Coding Style konsisten, memudahkan dalam membaca kode dan dalam menemukan bugs
5. Security Concern framework mengantisipasi dan memasang perisai terhadap adanya berbagaimasalah keamanan yang mungkin timbul.
6. Dokumentasi, framework dapat mendisiplinkan kita untuk menulis dokumentasi untuk apayang kita tulis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar