Tentang Teknologi

Ngelmu Iku Kalakone Kanthi Laku

07/02/18

Apa yang di maksud Metode MVC Pada Framework PHP?

Diagram MVC

MVC (MVC adalah pola pemrograman yang bertujuan memisahkan logika bisnis, logika data, dan logika tampilan atau secara sederhana memisahkan antara proses, data, dan tampilan. dengan menggunakan metode MVC programmer dapat memisahkan kode menjadi bagian yang berbeda, membuat, dan memperbaiki aplikasi dengan sangat mudah. MVC mempunyai struktur yang baik, memperbolehkan programmer untuk konsentrasi pada bagian yang penting tanpa khawatir dengan bagian kode lainnya. MVC terdiri dari tiga bagian utama yaitu bagian model, bagian view, dan bagian controller. Berikut penjelasan bagian-bagian dari MVC :

1. Model
Model adalah komponen MVC yang merepresentasikan data, mengatur respon terhadap permintaan, serta memberi hak akses untuk memanipulasi data yaitu pengambilan dari basis data dan memasukan data ke dalam database . Isi utama dalam bagian model adalah berisi perintah-perintah query SQL yang hasilnya dikirim kebagian controller. Biasanya dalam model  akan terdapat fungsi untuk mengambil, melakukan pembaruan data, dan menghapus data.


2. View
View adalah komponen MVC yang berfungsi untuk mengatur suatu data yang diperoleh dari bagian controller lalu ditampilkan untuk pengguna dan mencakup semua proses yang terkait dengan penampilan data dan layout tampilan aplikasi. Isi utama dalam bagian view adalah berisi kode untuk menampilkan data dari proses model dan controller yang dibuat menggunakan HTML, CSS, maupun javascript biasanya berupa form, tabel, gambar yang dilihat oleh pengguna.

3. Controller
Controller adalah komponen MVC yang berfungsi sebagai penghubung antara bagian model dan bagian view bertugas mengirimkan perintah ke bagian model untuk mendapatkan data yang diinginkan dan dikirimkan ke bagian view untuk ditampilkan. Pada bagian ini biasanya berisi fungsi-fungsi untuk memanggil tampilan dan melakukan aksi ke basis data.

Dari Pengertian diatas singkat kata Model untuk mengatur alur database, View untuk menampilkan web, sedangkan Controller untuk mengatur alur kerja antara Model dan View. Jadi misalnya Anda ingin membuat akun facebook atau e-mail. Pertama Anda akan melihat tampilan sign-up / register itulah View, kemudian Anda menuliskan form pengisian seperti username, password, dll dan Anda klik sign-up / register maka di sini View memanggil Controller dan Controller memanggil Model, sedangkan Model mengecek apakah Anda sudah sesuai dengan kriteria pendaftaran seperti sudah mengisi username, password dan lain sebagainya. Kemudian Model menggembalikan (callback) ke Controller dan Controller mengembalikan ke View, dan kita akan melihat berhasil atau tidak kita sign-up/register.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar